Peningkatan Kapasitas Perawat dan Bidan Terkait Dukungan / Perawatan Anak dengan HIV di DIY

Tantangan pengobatan dan perawatan untuk Anak yang hidup dengan HIV di DIY dimana layanan masih terfokus di rumah sakit rujukan. Dan kita bisa melihat ketidak siapan terkait informasi perawatan ADHA yang masih minim menjadi satu alasan tersebut. Hal ini menjadi fokus Yayasan Victory Plus Yogyakarta bekerjasama dengan Save The Children untuk memberikan pelatihan terkait hal tersebut di atas. Bidan dan perawat sebagai ujung tombak dari layanan yang ada di tingkat puskesmas.

Selain kesiapan layanan untuk menerima ADHA akses pengobatannya, pekerjaan rumah DIY adalah bagaimana upaya kita membantu Bidan untuk semakin terampil dalam memberikan support penegakan diagnosa HIV pada ibu hamil yang akses di puskesmas. Program pencegahan penularan HIV dari Ibu dan Anak menjadi kunci untuk memutus mata rantai penularan HIV dari ibu yang HIV kepada anak nya.

Kegiatan berlangsung selama 3 hari mengundang perwakilan Bidan dan Perawat yang ditunjuk oleh Dinas Kesehatan Kabupaten dan Kota di DIY. Petugas layanan tersebut di pilih dengan pertimbangan telah siap untuk mendukung pengobatan ADHA di DIY. Selain itu kami mengundang Suster Chatarina Indah memberikan ilmu dan tips nya terkait perawatan dan dukungan ADHA di Rumah sakit Pantirapih.

Tinggalkan komentar